Pagoda Avalokitesvara Tertinggi di Indonesia

Semarang memang surganya bangunan dengan arsitektur yang mempesona dan artistik. Sebut saja Masjid Agung Jawa Tengah, Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong, dan berbagai bangunan di Kota Lama. Semua bangunan tersebut letaknya tidak jauh di pusat kota Semarang. Untuk di pinggir kota, Semarang juga punya Pagoda Avalokitesvara, tepatnya di depan Makodam IV Diponegoro Semarang.

Jika Anda dari Simpang Lima, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi yang dekat dengan perbatasan Kabupaten Ungaran ini. Bangunan Pagoda Avalokitesvara yang tinggi dan mencolok membuat mudah untuk menemukannya. Pagoda Avalokitesvara ini merupakan salah satu bagian dari Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong.

Pagoda Avalokitesvara merupakan pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 45 meter. Bangunan yang dibangun tahun 2005 ini hanya membutuhkan waktu kurang dari setahun untuk menyelesaikannya, dan diresmikan pada tahun 2006. Struktur pagoda dibagi dalam tujuh tingkat, dengan patung Dewi Welas Asih terdapat dari tingkatan kedua hingga keenam. Selain itu, juga terdapat 20 patung Kwan Im dipasang di Pagoda tersebut.

Pemasangan Dewi Welas Asih ini disesuaikan dengan arah mata angin, yang bertujuan agar Dewi yang selalu menebarkan cinta kasih tersebut bisa menjaga Kota Semarang dari segala arah. Bangunan yang merupakan pelengkap ruang Metta Karuna di Vihara Avalokitesvara Srikukusrejo Gunung Kalong.

Berbagai keistimewaan terdapat pada Pagoda Avalokitesvara ini. Di antaranya pada relief tangga dari batu (9 naga), kolam naga, lampu naga, air mancur naga, genteng, aksesori, hingga patung burung hong dan kilin. Karena itu, Pagoda Avalokitesvara ini merupakan salah satu kebanggaan warga Kota Semarang dan Jawa Tengah pada umumnya, dan menjadi salah satu tujuan wisata religi.

(Visited 315 times, 1 visits today)
One Comment