Pandanaran Pusat Oleh-oleh Semarang

Jika Yogyakarta punya Malioboro, Semarang punya Pandanaran. Pusat oleh-oleh di Semarang ini menjadi tujuan wajib bagi para pelancong yang berkunjung ke Kota Lumpia ini. Berbagai macam oleh-oleh mulai dari jajanan, cinderamata, dan berbagai oleh-oleh khas lainnya ada di jalan yang lokasinya sangat dekat dengan Simpang Lima ini.

Kawasan Jalan Pandanaran ini dulunya merupakan kawasan permukiman. Seiring bergulirnya waktu, Pandanaran tumbuh menjadi salah satu jalan strategis. Dari sinilah kemudian muncul beberapa toko yang menawarkan oleh-oleh khas Semarang. Toko-toko yang menjadi pelopor penjualan oleh-oleh khas di kawasan ini adalah ”Bandeng Presto” dan toko roti ”Danti” yang dulunya bernama ”Danish”.

Sejak berdirinya toko-toko pelopor di tahun 1970-an, dan diikuti dengan bermunculannya toko-toko lainnya, Jalan Pandanaran ini kemudian tumbuh menjadi pusat oleh-oleh khas Semarang. Kini hampir semua oleh-oleh khas Semarang memiliki toko di jalan yang menghubungkan Tugu Muda dan Simpang Lima ini.

Beberapa oleh-oleh khas Semarang yang telah banyak dikenal dan bisa didapatkan di Jalan Pandanaran adalah bandeng presto, lumpia, wingko babat, kue mochi, roti ganjel rel, dan tahu bakso. Tentunya berbagai oleh-oleh lain seperti kaos khas Semarang, batik Semarang, dan berbagai cinderamata lainnya juga bisa ditemui para pelancong di tempat ini.

(Visited 549 times, 1 visits today)