Simpang Lima Pusat Belanja dan Ruang Publik Semarang

Kawasan Simpang Lima tumbuh menjadi pusat kemaraian yang tidak hanya memikat warga Semarang, tapi juga mereka yang berkunjung di Kota Lumpia ini. Berbagai tempat belanja yang berada di kawasan ini menjadikan Simpang Lima sebagai pusat perbelanjaan terbesar yang tidak pernah sepi dari aktivitas.

Di kawasan ini setidaknya ada tiga tempat perbelanjaan besar yang memulai aktivitas dari pagi hingga malam hari. Di sini juga ada salah satu toko, pusat oleh-oleh dan jajanan khas Semarang. Selain itu tentunya juga berbagai toko seperti toko batik, maupun lapak-lapak UKM yang berjejer rapi di beberapa sudut jalan.

Kawasan Simpang Lima memiliki sebuah pusat berupa lapangan yang sangat besar, dinamakan Lapangan Pancasila. Disebut Simpang Lima karena tempat ini merupakan pertemuan dari lima jalan besar di Semarang, yaitu Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Gajah Mada, Jl. A Dahlan, dan Jl. A Yani. Sebenarnya ada satu jalan lagi, namun jalan ini menuju pemukiman, yaitu Jl. Erlangga.

Yang membuat Simpang Lima menarik tentu tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan, tapi juga berbagai fasilitas lain yang ada di kawasan ini. Di sini berdiri hotel-hotel berbintang, pusat hiburan, pusat kuliner ketika malam hari, pusat olah raga ketika pagi terutama di hari Minggu, dan juga ada masjid yang cukup besar, sebagai tempat ibadah bagi yang sedang berkunjung di kawasan ini.

Simpang Lima dahulu berupa rawa-rawa, karena akan digunakan untuk berorasi Presiden RI, dijadikanlah rawa-rawa itu menjadi lapangan yang sangat luas. Oleh Ir. Soekarno yang saat itu menjabat sebagai presiden, alun-alun Semarang yang dahulunya berada di Kawasan Kauman dipindah ke daerah tersebut. Alasannya karena Kawasan Kauman telah beralih fungsi menjadi pasar.

Lapangan Pancasila yang dibangun pada tahun 1969 ini, kini menjadi landmark kota Semarang. Inilah ruang buka terbesar yang ada di tengah kota Semarang. Jika menjelang pergantian tahun, kawasan ini akan sangat ramai, karena di sinilah pusat perayaan pergantian tahun baru. Selain pidato walikota, saat tahun baru biasannya digelar pesta Kembang Api dan konser musik. Tentu, tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Semarang tanpa ke Simpang Lima.

(Visited 815 times, 1 visits today)